Ilmu Sosial Dasar

Rangkuman Ilmu Sosial Dasar 
 
     ISD (Ilmu Sosial Dasar) adalah pengetahuan yg menelaah masalah-masalah sosial, khenduduk ususnya masalah-masalah yang diwujudkan oleh masyarakat Indonesia, dengan menggunakan Teori-teori (fakta, konsep, teori) yg berasal dari berbagai bidang pengetahuan keahlian dalam lapangan ilmu-ilmu sosial (seperti Geografi Sosial, Sosiologi, Antropologi Sosial, Ilmu Politik, Ekonomi, Psikologi Sosial dan Sejarah) MK.

Ruang lingkup ilmu sosial dasar
materi ilmu sosial dasar terdiri atas masalah-masalah sosial :
  • kenyataan - kenyataan sosial yang ada dalam masyarakat
  • konsep - konsep sosial atau pengertian pengartian tentang kenyataan - kenyataan sosial dibatasi pada konsep dasar
  • masalah - masalah sosial yang timbul dalam masyarakat

    Penduduk masyarakat dan kebudayaan
  1. Pertumbuhan penduduk
    Pertumbuhan penduduk merupakan salah satu faktor yang penting dalam masalah sosilal ekonomi umumnya dan masalah penduduk khususnya. karena disamping berpengaruh terhadap jumlah dan komposisi penduduk juga akan berpengaruh terhadap kondisi sosial ekonomi suatu daerah atau negara bahkan dunia.

    2.   Kebudayaan dan Kepribadian

Pertumbuhan dan perkembangan kebudayaan di indonesia :
Zaman batu zaman logam ;
upaya menelusuri sejarah peradaban bangsa indonesia, mulai dari zaman batu sampai zaman logam, sungguh akan berliku - liku, memerlukan waktu pembahasan yang panjang, berdasarkan pendapat - pendapat para ahli prehistoris, ternyata bahwa zaman itu terbagi dalam :
- zaman batu tua (Palaeolothikum)
- zaman batu muda (Neolithikum)

  3.   Kebudayaan Hindu dan Budha

pada ke -3 dan ke -4 agama hindu masuk ke Indonesia, khususnya ke pulau Jawa. perpaduan atau akulturasi antara kebudayaan setempat dengan kebudayaan.
candi Borobudur adalah candi terbesar dan termegah di Asia Tenggara. bahkan tercatat sebagai salah satu bangunan kuno, yang termasuk dalam 10 besar keajaiban Dunia.

  4.  Kebudyaan Islam

agama Islam berkembang pesat di Indonesia dan menjadi agama yang mendapat penganut sebagian tersebar penduduk Indonesia. tidak dapat dipungkiri lagi, bahwa kebudayaan Islam memberi saham yang besar bagi perkembangan kebudayaan dan kepribadian bangsa Indonesia

  5. Kebudayaan Barat

kepribadian bangsa indonesia yang ramah tamah, suka menolong, memilik isifat gotong - royong adalah ciri umum dari sekian banyak kepribadian dari suku - suku bangsa yang berada Rebublik Indonesia dan terpatri menjadi ciri khas kepribadian bangsa Indonesia

0 Response to "Ilmu Sosial Dasar"

Posting Komentar

powered by Blogger | WordPress by Newwpthemes | Converted by BloggerTheme